Bola.News

Berita Sepak Bola Terkini

sepak bola

Atalanta, Parma, Inter Milan, dan Kemenangan 3-0 di Final

Atalanta menang tanpa kebobolan saat melawan Bayer Leverkusen di final Liga Europa 2023/2024, Kamis (23/5/2024). Dalam laga pemungkas di Aviva Stadium itu, Atalanta menang dengan skor 3-0.

Tiga gol Atalanta tercipta pada menit 12, 26, dan 75. Ketiga gol itu semuanya diciptakan oleh winger 26 tahun Nigeria, Ademola Lookman.

Pada final pertamanya ini, Atalanta sukses meraih gelar juara perdana mereka di kancah Eropa.

Atalanta menjadi tim Italia kelima yang pernah menjuarai kompetisi ini. Empat tim sebelumnya adalah Inter Milan, Juventus, Parma, dan Napoli.

Menariknya, tiga kemenangan terakhir oleh tim Italia di final UEFA Cup/Liga Europa semuanya didapatkan dengan skor yang sama, yakni 3-0. Sebelum Atalanta, dua kemenangan dengan skor itu dicatatkan oleh Parma dan Inter Milan.

Final UEFA Cup 1999: Parma 3-0 Marseille

Sebelum Atalanta, wakil Italia terakhir yang menjuarai kompetisi ini adalah Parma. Parma melakukannya di musim 1998/1999. Waktu itu, kompetisi ini masih bernama UEFA Cup.

Di final 1999, Parma mengalahkan wakil Prancis, Marseille. Skornya juga sama dengan skor Atalanta vs Leverkusen, yakni 3-0.

Di Luzhniki Stadium (Moskow) waktu itu, Parma menang berkat gol-gol Hernan Crespo menit 25, Paolo Vanoli menit 36, dan Enrico Chiesa menit 55.

Final UEFA Cup 1998: Inter Milan 3-0 Lazio

Setahun sebelum Parma juara, tersaji all-Italian final di UEFA Cup. Inter Milan berduel dengan Lazio di Parc des Princes, Paris.

Waktu itu, Inter racikan Luigi Simone terlalu tangguh buat Lazio. Mereka menang 3-0 atas anak-anak asuh Sven-Goran Eriksson.

Kemenangan Inter didapatkan melalui gol-gol Ivan Zamorano menit 5, Javier Zanetti menit 60, dan Ronaldo menit 70.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *